25 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

25 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat – Pada kali ini, sebelumnya admin telah membagikan artikel yang ada hubungannya dengan Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Dan Khasiatnya. Untuk lebih memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, langsung saja anda menyimak penjelasan berikut ini.

1. Rajin shalat dan beribadah kepada Allah Swt

Shalat lima waktu adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam. Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi ternyata gerakan–gerakan shalat adalah gerakan paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sisi medis, shalat adalah gudangnya obat dari berbagai macam penyakit.

Selama ini shalat yang dilakukan lima kali sehari oleh umat Islam, sebenarnya telah memberikan investasi kesehatan yang cukup besar bagi yang melakukan shalat tersebut. Gerakan sholat sampai dengan salam memiliki makna yang luar biasa baik untuk kesehatan fisik, mental bahkan keseimbangan spiritual dan emosional. Tetapi sayang hanya sedikit dari umat Islam yang memahaminya.

25 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Beberapa manfaat gerakan shalat bagi kesehatan manusia :

Takbiratul Ihram

Postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah

Manfaat: Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke s! eluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Rukuk

Postur: Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Manfaat: Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot – otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’tidal

Postur : Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.

Manfaat: Itidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

Sujud

Postur : Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.

Manfaat : Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisamengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa – gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk

Postur : Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy ( tahiyyat awal ) dan tawarruk ( tahiyyat akhir ). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.

Manfaat : Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih ( urethra ), kelenjar kelamin pria ( prostata ) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ – organ gerak kita.

Salam

Gerakan : Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.

Manfaat : Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah. BERIBADAH secara, kontinyu bukan saja menyuburkan iman, tetapi mempercantik diri wanita luar dan dalam.

2. Cukup tidur Bila Anda tidak beristirahat dengan baik

Anda akan menghabiskan waktu waktu dengan makan biasanya dengan makanan cepat saji / junk food. Istirahat yang cukup dan Anda tidak perlu camilan untuk tetap terjaga. Juga, kurang tidur menyebabkan penuaan dini, dan Anda tidak menginginkan hal itu, bukan?

3. Rajin berolahraga

Bukan hanya beberapa kali seminggu, tapi cobalah setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan, termasuk dapat memperpanjang umur, menurunkan risiko semua penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan menurunkan berat badan. Tingkatkan aktivitas dalam hidup Anda. Pilih berjalan untuk jarak yang dekat. Naiki tangga, bukan menggunakan lift. Bergabunglah beberapa kelas aerobik.

4. Makan lebih banyak buah-buahan

Buah-buahan adalah mengandung vitamin dan mineral. Apakah Anda tahu bahwa jeruk memberikan manfaat kesehatan lebih dari pil Vitamin C? Meminum dalam suplemen tidak sama dengan mengkonsumsi buah. Makanlah buah-buahan yang paling bergizi seperti: Semangka, Aprikot, alpukat, Apel, melon, jeruk, Kiwi, jambu, pepaya, stroberi.

5. Pilih makanan berwarna cerah

Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya mengandung anti-oksidan yang tinggi. Anti-oksidan baik untuk kesehatan karena mereka menghilangkan radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel-sel. Jadi penuhi kulkas anda dengan buah / sayuran aneka warna: Putih (Pisang, jamur), Kuning (Nanas, Mangga), Orange (Jeruk, pepaya), Red (Apple, Stroberi, Tomat, semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, selada, seledri), Ungu / Biru (Blackberry, Terong, prunes).

6. Cintai diri anda

Dengan mencintai diri sendiri, anda akan sadar untuk melakukan hidup sehat, memilih makanan yang kaya vitamin, dan selalu berolahraga. Mulalilah dari sekarang daripada tidak sama sekali.

7. Berjalan / berlari tanpa alas kaki

Ada banyak manfaat positif yang terbukti jika anda berjalan / berlari tanpa alas kaki, seperti memiliki postur tubuh yang lebih baik, lebih sedikit stres pada kaki Anda, mengurangi stres pada sendi Anda, dll.

8. Jauhkan orang-orang “negatif” dari kehidupan Anda

Positif sehat dan mental merupakan bagian penting dari cara hidup sehat. Anda tidak perlu orang yang selalu mengganggu/merepotkan dalam hidup Anda. Jika Anda merasa jika teman anda terlalu kritis atau negatif, biarkan dia pergi dari kehidupan anda.

9. Jauhkan hal hal yang bersifat negatif dari diri sendiri

Anda tidak perlu memiliki sifat negatif pada diri sendiri. Dengarkan apa kata pikiran anda dan singkirkan pikiran negatif itu. Banyak mereka yang merasa tidak bahagia karena mereka tidak berpikir positif pada diri sendiri, sehingga penyakit pun bisa datang karena pikiran anda terlalu panas memikirkannya.

10. Bernapas dalam-dalam

Oksigen merupakan sumber penting bagi kehidupan. Anda mungkin tahu bagaimana bernapas, tetapi apakah Anda bernapas dengan benar? Sebagian besar dari kita tidak bernapas dengan baik – kita hanya bernapas cuma 1/3 dari kapasitas paru-paru kita. Cobalah bernapas dalam dalam di mana paru-paru Anda terisi penuh, perut Anda mengembang dan ada gerakan minimal di bahu Anda.

11. Makanlah dalam porsi kecil

Makanlah dalam porsi yang kecil, ini juga dapat menyeimbangi penyaluran energi Anda sepanjang hari. Secara umum, makanlah ketika Anda merasa lapar, dan berhenti ketika kenyang. Anda tidak perlu menunggu sampai waktu makan untuk makan. Dengarkan tubuh Anda.

12. Berhenti makan ketika Anda merasa kenyang

Banyak dari kita bergantung pada faktor luar untuk mengetahui kapan kita kenyang, seperti apakah semua orang telah selesai makan, apakah piring Anda kosong atau tidak. Anda harus melihat faktor dalam tubuh, seperti apakah perut Anda terasa penuh atau tidak. Jangan merasa harus menghabiskan makanan hanya karena masih ada makanan di piring.

13. Jalani hidup dengan tujuan

Kesehatan yang positif dimulai dari dalam! Apakah hidup anda memiliki tujuan? Apakah Anda hidup sesuai dengan tujuan Anda? Coalah membuat tujuan hidup anda, jadi anda lebih bisa menargetkan hal hal yang ingin anda lakukan. Dan kebahagiaan akan mendatangi anda ketika target itu telah diselesaikan dengan baik.

14. Katakan tidak untuk makanan berminyak

Kurangi asupan makanan cepat saji seperti kentang goreng, donat, keripik, dan makanan yang telah digoreng. Bukan saja dapat menyebabkan penggemukan (1 sendok makan minyak adalah 120 kalori), makanan goreng mengandung akrilamida, potensi zat kimia penyebab kanker. Menurut laporan BBC, sekantong keripik dapat berisi hingga 500 kali.

15. Kurangi makanan yang manis

Permen, kue-kue, coklat, soda, donat, dan makanan manis lainnya, mereka juga tidak mengenyangkan dan dapat memicu anda makan lebih banyak. Jika itu terjadi kadar gula dalam tubuh anda akan kehilangan keseimbangan dan diabetes pun mengintai.

16. Hindari soda dan kafein

Minuma8. n dengan kafein bersifat diuretik – yang berarti mereka mempercepat laju produksi urin. Selain itu, soda juga tidak sehat bagi tubuh, menyebabkan kenaikan berat badan.

17. Belajarlah untuk mengatakan tidak

Anda harus makan hanya karena Anda keluar dengan teman-teman Anda ketika anda merasa kenyang, atau karena orang lain menawarkan makanan. Cukup mengatakan tidak dan mengatakan Anda tidak lapar, mereka akan mengerti jika anda mengatakannya secara serius.

18. Naik Tangga

Kebiasaan naik-turun menggunakan tangga, bukan dengan eskalator akan lebih menyehatkan tubuh. Jika rutin dilakukan, maka berat badan bisa turun yang berdampak pada menurunnya tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko peradangan organ dalam. Artinya, kemungkinan terkena stroke dan serangan jantung akan jauh lebih sedikit.

19. Makan Siang dengan Sayuran

Jika menu makan siang Anda lebih banyak sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit serius secara drastis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker. Hasil studi dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh tiga penyakit yang disebutkan di atas dan itu dipicu oleh pola makan tidak sehat. Sebagai perbandingan, orang yang budaya makannya berbabis sayuran sebagai makanan utama, masyarakatnya lebih jarang sakit ketimbang merkea yang hidup di lingkungan pemakan daging atau nasi.

20. Pakai Minyak Zaitun Saat Masak

Mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun atau biji bunga matahari akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, menurut studi yang dilaporkan dalam British Medical Journal. Jika ingin memakan gorengan, pilihlah makanan yang dimasak dengan minyak sehat, dengan cara ditumis. Plih tapas ala Meksiko ketimbang kentang goreng, atau tumisan sayur daripada pisang goreng.

21. Melakukan Meditasi

Meditasi dapat engurangi tekanan darah tinggi hingga gejala stres dan depresi. Dalam sebuah studi terungkap, meditasi secara rutin selama delapan minggu, membuat seseorang akan mejadi lebih penyayang dan merasa bahagia. Fokus pada latihan pernapasan dan kesadaran diri akan melatih area otak yang mengatur emosi. Sehingga Anda akan lebih banyak memiliki pikiran dan emosi positif.

22. Go oganik

Makanan organik adalah makanan yang diproduksi tanpa “bahan sintetis seperti pestisida dan pupuk kimia, bukan hasil rekayasa genetika, dan tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau makanan tambahan kimia”. Makanan organik cenderung lebih mahal, tapi apakah Anda lebih suka menyimpan uang dan memberi makan tubuh Anda dengan pestisida atau membayar ahli kesehatan yang harganya jauh lebih mahal dari makanan organik itu sendiri untuk mendapatkan tubuh sehat?

23. Makan lebih banyak buah-buahan

Buah-buahan adalah mengandung vitamin dan mineral. Apakah Anda tahu bahwa jeruk memberikan manfaat kesehatan lebih dari pil Vitamin C? Meminum dalam suplemen tidak sama dengan mengkonsumsi buah. Makanlah buah-buahan yang paling bergizi seperti: Semangka, Aprikot, alpukat, Apel, melon, jeruk, Kiwi, jambu, pepaya, stroberi.

24. Makan lebih banyak sayuran

Seperti buah-buahan, sayur-sayuran juga penting bagi kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita harus memiliki 5-9 porsi buah/sayuran sehari, dan sayangnya kebanyakan orang bahkan tidak memiliki setidaknya 5 porsi sayuran sehari! Makanlah sayuran seperti Kacang merah, kacang hitam, asparagus, kacang panjang, kacang Perancis, kecambah, jamur kancing, dan wortel. Apa sayuran favorit Anda? Konsumsilah mulai sekarang.

25. Minum lebih banyak air

Sebagian besar dari kita sangat kurang minum cukup air setiap hari. Air sangat penting bagi tubuh kita. Apakah Anda tahu lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air? Air diperlukan untuk melaksanakan fungsi tubuh kita, seperti membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Karena kita kehilangan air setiap hari melalui urin, buang air besar, keringat, dan pernapasan, kita perlu mengisi asupan air kita.

Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor seperti kelembaban, aktivitas fisik, dan berat badan, tetapi umumnya kita perlu 2,7 – 3,7 liter asupan air! Karena asupan makanan menyumbang sekitar 20% dari asupan cairan kita, itu berarti kita perlu minum sekitar 2 – 3 liter air, atau sekitar 8-10 gelas (sekarang Anda tahu bagaimana rekomendasi 8 gelas itu!). Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda dehidrasi adalah urin anda tidak berwarna atau tida berwarna kekuningan berarti tubuh anda tidak mendapatkan cukup air! Tanda lainnya termasuk: bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil.

Sebelum kami menutup postingan di atas, admin ingin mengajak anda untuk membaca artikel Cara Pola Hidup Sehat Ala Rasululullah Saw dan Dasar Pengobatan Ala Rasulullah Saw. Semoga bermanfaat dan kesehatan tubuh anda pun, semakin sehat dan jauh dari berbagai jenis macam penyakit.

25 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat | admin | 4.5