Cara Memilih Primer Make Up

Advertisement

Cara Memilih Primer Make Up – Pada dasarnya, primer merupakan produk yang digunakan untuk mengisi pori-pori, sehingga terbentuk lapisan di atas kulit yang menjadi base sebelum menggunakan makeup. Namun terdapat berbagai jenis primer yang tersedia, yang tidak hanya sekadar mengisi pori-pori, melainkan memiliki manfaat lain seperti meratakan warna maupun memberikan efek kulit bercahaya.

Cara Memilih Primer Make Up

Nah, agar bisa memilih jenis primer yang tepat, kenali terlebih dahulu jenis-jenis primer yang ada sebagai berikut. Tapi sebelum melanjutkan, baca dulu artikel Make Up lainnya.

1. Blurring / Pore Minimizing

Apabila bermasalah dengan tekstur wajah yang kurang merata, baik karena pori-pori besar maupun kerutan, menggunakan primer berjenis blurring atau pore-minimizing itu bisa menjadi solusi. Primer jenis ini mempunyai formula yang akan mengisi pori-pori atau kerutan sehingga akan tersamarkan dan mambuat wajah tampak lebih halus. Primer dengan jenis ini akan berbahan dasar polymer atau silicone yang dapat mengisi celah maupun kerak-kerak, termasuk keriput pada kulit dan membentuk lapisan segel di atas kulit sehingga menghasilkan tampilan kulit yang lembut, halus, velvety, dan flawless.

2. Color Correcting

Sesuai dengan namanya, sudah dapat ditebak fungsi dari primer ini yaitu meratakan warna kulit color correcting bekerja dengan konsep roda warna, di mana tiap warna akan menghapuskan warna yang berlawanan. Contoh warna hijau akan menyamarkan warna kemerahan akibat jerawat atau warna pink akan mencerahkan area bawah mata yang gelap. Jenis primer ini cocok untuk yang mempunyai masalah warna complexion yang tidak merata sehingga bisa mengurangi penggunaan foundation atau concealer yang terlalu tebal dengan bantuan primer ini.

3. Mattifying

Foundation tidak pernah awet seharian karena kulit terlalu berminyak. Dengan bantuan primer berjenis mattifying, dijamin foundation akan lebih awet. Primer jenis ini diformulasikan supaya bisa menyamarkan tampilan pori-pori, sekaligus membantu menahan minyak pada wajah. Jika mempunyai tipe kulit kombinasi, bisa memakai mattifying primer hanya pada bagian wajah yang kerap berminyak seperti T-Zone.

4. Illuminating

Apabila menyukai hasil akhir makeup yang nampak dewy dan glowing, bisa memulainya dengan pilihan jenis primer Illuminating. Primer Illumating diformulasikan untuk membuat kulit nampak halus sekaligus glowing. Jenis primer ini cocok digunakan jika malas menggunakan foundation, namun tetap ingin wajah yang halus bercahaya. Hasil akhirnya yaitu primer ini bisa membantu wajah yang kusam supaya nampak lebih cerah.

5. Hydrating

Kulit kering ialah salah utama hasil foundation yang nampak tidak merata, bahkan patchy atau flaky. Sebab itu, jika mempunyai tipe kulit kering, dapat mencoba jenis primer Hydrating yang memang dikhususkan untuk kulit kering. Sekarang semakin banyak brand yang mengkombinasikan skin care ke dalam rangkaian produk makeup-nya, termasuk primer. Sehingga lahirlah hydrating primer yang didesain untuk membantu melembapkan sekaligus menghaluskan tekstur kulit, Foundation bisa lebih mudah diaplikasikan dan terlihat lebih flawless.

Agar penggunaan primer dapat menunjang penampilan make up maka ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu cara penggunaannya dan cara memilih jenis primernya. Primer tidak boleh digunakan secara berlapis dan cukup seukuran biji kacang saja untuk seluruh area wajah, jika tidak ingin membuat tampilan make up menjadi terlihat menggumpal. Jenis primer yang dipakai perlu disesuaikan dengan kondisi kulit penggunanya. Agar tidak salah dalam memilih di bawah ini kita akan membahas bagaimana cara memilih primer make up yang tepat berdasarkan jenis kulit, antara lain:

6. Kulit Kering

Kulit kering memerlukan perhatian lebih apabila ingin menghasilkan tampilan make up yang sempurna. Permasalahan kulit kering biasanya terlihat kusam dan mengelupas. Apabila base make up yang dipakai tidak sesuai maka make up tidak bisa menempel dengan baik. Untuk pemilihan primer, hindari memilih primer dengan formula matte apabila tak ingin dry patches di wajah semakin terlihat jelas. Pilih primer dengan kandungan moisturizer yang tinggi dan mempunyai kandungan partikel pemantul cahaya sehingga kulit terlihat lebih glowing.

7. Kulit Normal

Pemilik kulit normal cenderung mudah dalam memilih produk make up sebab tidak begitu memiliki permasalahan khusus pada kulitnya. Hampir semua jenis primer dapat digunakan bergantung pada hasil yang diinginkan. Contohnya apabila ingin penampilan yang lebih flawless maka pakai primer yang bersifat matte. Untuk menghasilkan tampilan yang lebih dewy maka dapat memakai primer yang mengandung partikel pemantul cahaya. Namun, jangan memakai primer yang bersifat mengecilkan pori-pori karena umumnya pemilik kulit normal tidak mempunyai pori-pori yang besar.

8. Kulit Sensitif

Kulit sensitif cenderung rentan berjerawat, sehingga primer diperlukan untuk lapisan kulit. Agar tidak bersentuhan langsung dengan produk make up. Memilih primer untuk kulit sensitif perlu berhati-hati. Pastikan primer yang digunakan mempunyai formula yang fragrance free, anti bakteri dan ringan di wajah sehingga tak sampai menimbulkan iritasi pada kulit. Kulit sensitif juga cenderung mempunyai banyak kemerahan pada wajah, sehingga ada baiknya memakai primer yang berwarna kehijauan untuk menetralkan warna wajah tanpa menggunakan concealer atau foundation lagi.

Nah itulah beberapa cara memilih primer make up yang tepat. Selamat mencoba dan baca juga postingan sebelumnya tentang Cara Memilih Pensil Alis. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Cara Memilih Primer Make Up | admin | 4.5