Kumpulan Tips Dan Tutorial Make Up

Kumpulan Tips Dan Tutorial Make Up – Pada kali ini, admin kembali berjumpah dengan para teman dan sahabat tercinta blog kami. Tak lain hanya untuk membagikan artikel yang berhubungan dengan Kumpulan Tips Dan Tutorial Make Up. Tapi sebelum itu, jangan lupa ca baca juga postingan sebelumnya tentang Macam Macam Produk Kecantikan Make Over Dan Harganya.

1. Tips Membersihkan Wajah

Pemilihan Pembersih Wajah

Hal ini penting agar jenis pembersih wajah yang Anda gunakan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

Seseorang dengan kulit wajah berminyak akan memiliki pori-pori yang besar, berminyak, dan terlihat mengkilap. Kulit wajah jenis ini dianjurkan memakai sabun pembersih wajah bebas minyak atau oil-free dan toner untuk menghilangkan minyak berlebih. Anda juga bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang berbahan gel karena dapat membersihkan minyak dengan baik.

Kulit wajah kering akan cenderung kasar dan bersisik. Untuk jenis kulit wajah ini, disarankan hindari pembersih muka yang mengandung alkohol. Dan, gunakanlah pembersih wajah yang lembut agar kulit tidak semakin kering.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda akan lebih cenderung merasa gatal atau perih setelah mengenakan produk perawatan atau kosmetik tertentu. Sedangkan, jika memiliki kulit wajah normal, kulit wajah akan terlihat lebih bersih, dan tidak sensitif.

Bersihkan make up terlebih dahulu

Mencuci wajah dengan sabun belum cukup untuk menghilangkan makeup di wajah anda. Membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan make up terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover. Untuk membersihkan make up mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, Anda bisa memakai cairan remover khusus dengan berbahan dasar minyak.

Cuci Wajah

Barulah setelah itu cuci wajah Anda dengan sabun pencuci muka sesuai dengan kulit wajah Anda. Bersihkan dengan lembut. Selain menggunakan jari, Anda juga bisa memakai sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah sisa sabun di wajah Anda dengan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas, karena dapat merusak pembuluh kapiler dan mengiritasi kulit.

Keringkan Wajah

Wajah sudah bersih, bukan berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya. Keringkan wajah perlahan dan gunakan handuk bersih. Jangan gunakan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri menempel.

2. Tips Menggunakan Pelembab

Setelah membersihkan wajah anda, pastikan untuk selalu menggunakan pelembab yang sesuai dengan kebutuhan wajah anda. Proses membersihkan wajah menggunakan sabun akan mengurangi tingkat kelembaban wajah anda. Pelembab berfungsi memastian wajah anda lembab dan kenyal sehingga make up dapat melekat dengan sempurna.

Terdapat opini bahwa jika akan menggunakan foundation maka anda tidak perlu menggunakan pelembab. Opini tersebut tidak tepat karena kunci dari alas bedak yang berfungsi maksimal adalah kondisi wajah anda yang bersih dan lembab sebelum mengaplikasikannya.

Kumpulan Tips Dan Tutorial Make Up

Jika anda ingin tampil natural, pilihkan pelembab dengan formula yang ringan. Selain lebih nyaman untuk digunakan, jenis ini juga dapat dengan mudah menyatu dengan kulit anda.

Namun, jika anda sering beraktivitas di luar ruangan, pastikan anda memilih pelembab dengan bahan kandungan tambahan berupa SPF. Sehingga kulit anda menjad lebih halus dan kulit anda terlindungi dari paparan sinar matahari.

3. Tips Memilih Foundation

Jenis Foundation

Terdapat banyak jenis formula foundation sehingga anda perlu menentukan dengan tepat foundation jenis apa yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan wajah anda. Foundation merupakan dasar penggunaan make up, kesalahan pemilihan foundation dapat mengakibatkan make up anda menjadi tidak maksimal.

Foundation Powder

Jenis ini dapat digunakan jika anda memiliki jenis wajah yang berminyak. Jenis foundation ini mampu menyerap minyak berlebih pada wajah anda sehingga memberikan efek nude pada majah anda.

Foundation Cream atau Liqiud

Jenis ini dapat digunakan jika anda memiliki jenis wajah yang cenderung kering. Jenis foundation ini mampu memberikan efek kenyal pada wajah anda.

Foundation Khusus Acne

Jika anda memiliki jenis wajah yang berjerawat maka sebaiknya anda menggunakan foundation yang diformulasikan khusus bagi wajah berjerawat. Kandungan di dalamnya akan membantu meringankan permasalahan jerawat anda, seperti adanya kandugan tea tree. Selain itu, jenis ini juga memberikan perlindungan yang lebih tebal untuk menutupi jerawat anda.

Foundation Tahan Air

Jenis ini dapat dipilih jika anda lebih sering melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, seperti kegiatan di lapangan atau sporty activity. Foundation ini mampu bertahan lebih lama walaupun anda berkeringat.

Warna Foundation

Dalam melakukan pemilihan warna foundation, pastikan anda memilih dengan tepat. Foundation merupakan dasar bagi make up anda. Jika anda menginginkan make up natural maka carilah foundation yang memiliki tone warna 1 tone di bawah warna kulit anda, sehingga pada saat sudah mengaplikasikan bedak wajah anda tidak menjadi terlalu putih dan terlihat lebih natural.

Untuk mengecek tone yang cocok bagi anda, anda dapat mencoba mengoleskannya pada leher, garis rahang atau pergelangan tangan anda. Untuk meyakinkan pilihan anda, coba di depan meja rias yang biasanya disediakan showroom brand make up, lalu oleskan pada rahang. Jika dapat membaur dengan sempurna pada wajah dan leher anda berarti warna yang anda pilih sudah tepat.

4. Tips Menggunakan Foundation

Dalam mengaplikasikan foundation, ada beberapa alat bantuan yang dapat digunakan. Walaupun anda tetap dapat menggunakan jari tangan and asaat mengoleskan foundation. Namun menggunakan spons atau kuas akan memberikan jangkauan yang lebih luas sehingga hasilnya akan lebih merata.

Kuas Kabuki (bulat) dapat digunakan untuk foundation powder

Kuas pipih dapat digunakan untuk aplikasi foundation liqiud dan cream

Spons dapat digunakan untuk aplikasi semua jenis foundationa

Sebelum menggunakan foundation, pastikan anda sudah menggunakan pelembab. Perlu diingat bahwa setelah menggunakan pelembab sebaiknya anda jangan langsung mengaplikasikan foundation. Tunggu kurag lebih 5 menit agar pelembab terserap sempurna pada kulit dan bekerja maksimal.

Langkah pertama menggunakan foundation adalah memberikan titik-titik foundation pada dahi, hidung, pipi dan dagu anda. Kemudian gunakan spons atau kuas untuk meratakan titik-titik tersebut. Setelah rata, tambahkan beberapa titik pada leher anda dan ratakan dengan spons atau kuas.

Penggunaan minimal foundation adalah menggunakannya secara merata pada wajah dan leher, namun anda dapat menambahkan pada area wajah tertentu sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda merasa ada bagian yang terlalu tebal atau cakey maka dapat anda perbaiki dengan menggunakan spons yang sudah dibasahi dengan face spray lalu tepuk-tepuk pada bagian tersebut.

5. Tips Memilih Concealer

Concealer untuk Kulit Kering

Jika kamu memiliki kulit kering, hindari menggunakan liquid concealer dengan hasil finishing matte ya karena justru akan membuat kulitmu terlihat lebih kering dan bisa crack. Lebih baik pilih liquid concealer yang mengandung mineral agar kulitmu bisa tetap lembap.

Concealer untuk Kulit Berminyak

Jenis kulit ini cenderung memiliki pori-pori yang berukuran besar, sehingga jangan gunakan concealer yang bertekstur creamy atau stick ya karena biasanya concealer jenis ini mengandung mineral oil yang dapat memicu produksi minyak. Selain itu, jenis concealer seperti ini juga dapat menyumbat pori-pori pada wajah dan membuat wajah terlihat semakin mengkilap. Instead, pilihlah concealer dengan matte finish.

Coverage

Jika kamu memiliki lingkaran hitam pada mata atau noda hitam yang ingin disembunyikan, carilah concealer yang at least memberikan medium coverage untuk menutupi hiperpigmentasi tersebut. Concealer jenis ini juga cocok untuk menutupi pembuluh darah yang terlihat pada kulit maupun bekas jerawat akibat breakout.

Shade

Untuk concealer yang digunakan pada bawah mata, carilah yang warnanya 1 atau 2 tingkat lebih muda dibandingkan warna kulitmu. Untuk bagian wajah lainnya, pilihlan concealer yang warnanya sama dengan warna foundation-mu. Warna seperti natural beige merupakan warna netral yang cocok pada hampir semua orang.

Jenis-Jenis Concealer

Liquid Concealer

Concealer dalam bentuk cair umumnya memiliki finishing satin, shiny, dan matte. Concealer jenis ini cocok untuk hampir segala jenis kulit, kecuali kulit kering karena formulanya yang cepat mengering di kulit. Penggunaannya pun mudah, kamu bisa meratakannya dengan ujung jari, aplikator, atau brush khusus concealer. Liquid concealer juga cocok untuk menutupi noda hitam pada wajah karena tidak akan menggumpal dan risiko menimbulkan breakout-nya juga sangat kecil. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menutupi kerutan pada wajah lho.

Stick Concealer

Sesuai dengan namanya, concealer jenis ini berbentuk seperti lipstick yang semi-padat. Pigmentasinya tinggi dan teksturnya creamy, sehingga cocok buat kamu yang memiliki kulit kering dan membutuhkan coverage yang bagus. Kamu bisa mengoleskannya pada daerah yang bermasalah, kemudian ratakan dengan ujung jari hingga menyatu dengan warna kulit.

Coverage-nya medium hingga full, sehingga cocok untuk menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menyamarkan warna merah di sekeliling hidung dan mulut. Sayangnya, kandungan bahan stick concealer cenderung berat sehingga dapat menyumbat pori-pori, bahkan memperparah breakout. Jadi, kalau kulitmu berminyak dan acne-prone, sebaiknya hindari memakai stick concealer ya.

Cream Concealer

Concealer bertekstur cream biasanya dikemas dalam bentuk wadah kecil, palette, atau compact. Concealer jenis ini cocok untuk menutupi flek hitam seperti melasma karena coverage-nya yang baik. Teksturnya lebih tebal dan pigmentasinya lebih tinggi dibandingkan liquid concealer dan lebih mudah diratakan. Untuk hasil terbaik, gunakan brush khusus concealer saat menggunakannya dan lapisi dengan bedak tabur atau loose powder agar hasilnya tidak terlihat cakey.

Powder Concealer

Concealer jenis powder umumnya dikemas dalam bentuk compact dan teksturnya seperti bedak. Penggunaannya pun mudah, cukup gunakan ujung jari atau brush khusus concealer dan ratakan pada daerah yang bermasalah. Powder concealer juga lebih tahan lama, namun akan terlihat kering dan pecah-pecah setelah beberapa jam. Jangan gunakan powder concealer pada bekas jerawat maupun kulit yang kering ya karena dapat menyebabkan breakout.

Mineral Concealer

Concealer jenis ini terbuat dari bahan-bahan natural. Bahan alami membuat concealer ini memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan concealer biasa. Mineral concealer juga memiliki banyak pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan tone wajah anda. Selain lebih ringan, concealer dengan bahan alami ini cenderung lebih aman untuk digunakan sehari-hari.

6. Tips Menggunakan Concealer

Terlepas dari jenis concealer yang kamu gunakan, teknik pengaplikasiannya tetap sama. Ambil concealer secukupnya dengan ujung jari, brush, atau spons, dan usapkan pada daerah seperti bagian bawah mata, samping hidung atau bibir, sekitar alis, dan juga bekas jerawat yang ingin kamu tutupi. Setelah itu, blend hingga terlihat menyatu dengan kulit.

  • Penggunaan concealer umumnya digabung dengan foundation agar hasilnya maksimal. Namun perlu diperhatikan bahwa concealer dengan jenis liquid, cream, dan powder tidak seharusnya diaplikasikan setelah penggunaan powder foundation. Pastikan kamu menunggu beberapa saat setelah mengaplikasikan concealer sebelum melapisinya dengan powder foundation. Atau sebaiknya, gunakan foundation terlebih dahulu dan melanjutkannya dengan concealer.
  • Jika anda memiliki noda hitam pada wajah yang terlihat jelas, maka kamu akan membutuhkan concealer dengan pigmentasi yang tinggi. Padukan dengan foundation yang cocok dengan warnaa kulitmu agar mudah meratakannya dengan memberi hasil yang terlihat natural.
  • Untuk daerah mata, gambar segitiga terbalik di bawah matamu untuk hasil yang lebih rata. Kombinasikan dengan highlight yang dapat memantulkan cahaya untuk menyamarkan kantung mata. Namun hindari melakukan hal ini jika kamu memiliki kerutan pada bagian bawah matamu
  • Masalah yang paling sering ditemui saat menggunakan concealer adalah bercak putih tidak natural yang terlihat di bawah kulit mata. Poin penting saat mengaplikasikan concealer adalah meratakan bagian ujung concealer hingga terlihat menyatu dengan kulit di sekitar mata. Pastikan kamu tidak mengoles concealer terlalu banyak pada bagian ujung mata dan pusatkan pada bagian tengah daerah bawah mata dan sekitarnya untuk hasil terbaik.

7. Tips Alternatif Pengganti Concealer

Sulfur Cream

Krim ini berwarna kuning cerah yang dapat diguanakn untuk menyamarkan noda kemerahan pada wajah, krim sulfur ini lebih sering difungsikan untuk menutupi jerawat. Selain dapat digunakan untuk menutupi warna merah atau noda jerawat, sulfur cream juga dapat membantu mengeringkan jerawat sehingga mempercerpat penyembuhan jerawat.

Foundation

Munculnya jerawat di wajah merupakan hal sulit untuk dihindari karena jerawat dapat muncul akibat debu dan bakteri yang menempel pada wajah. Jerawat meninggalkan bekas di wajah, tingkat noda bekas jerawat tergantung pada jenis jerawat dan penangganan jerawat tersebut. Jerawat yang tidak tertangani dengan baik akan menimbulkan noda yang lebih kasar atau tebal dibandingkan dengan jerawat yang ditangani dengan baik sehingga hanya menimbulkan bekas tipis pada wajah.

Bekas tipis pada wajah akibat jerawat ini dapat disamarkan menggunakan foundation. Foundation tidak dapat berfungsi semaksimal concealer karena hanya mampu menutupi jerawat secara tipis-tipis, namun cukup membantu anda untuk menyamarkan noda jerawat saat anda tidak membawa concealer.

Tinted Moisturizer

Moisturizer ini berbeda dengan pelembab biasa karena Tinted Moisturizer memiliki beberapa pilihan warna yang berbeda. Pilihan warna tersebut dapat disesuaikan dengan kulit wajah anda. Sehingga, selain berfungsi sebagai pelembab moisturizer ini juga mampu sedikit menyamarkan noda-noda pada wajah anda.

8. Tips Memilih Bedak

Dalam tips kali ini, kita tidak akan membahas mengenai penggunaan bedak, namun kita akan membahas mengenai cara memilih bedak sesuai dengan kulit wajah kita. Kali ini kita memberikan informasi yang sedemikan karena kita tahu bahwa hal tersebut penting untuk Anda sehingga antara bedak dan kulit wajah Anda senada. Berikut adalah tips memilih bedak sesuai kulit wajah.

Langkah pertama sebelum memilih produk bedak yang diinginkan adalah dengan mengenali jenis kulit Anda. Apakah tipe kulit Anda kering atau berminyak. Karena hal ini sangat berpengaruh pada bedak yang Anda gunakan.

Kulit wajah berminyak

Bila Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, gunakanlah bedak tabur yang antikilap. Karena bedak ini bisa menyamarkan wajah Anda dari kulit berminyak. Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan puff yang lembut kemudian dioleskan ke wajah secara merata.

Kulit wajah normal

Bagi Anda yang dikaruniai kulit wajah yang normal, Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk melakukan perawatan dan memilih jenis bedak tertentu. Karena Anda bisa memilih bedak yang Anda inginkan. Namun, akan lebih baik bila Anda menggunakan bedak tabur yang compact powder ataupun yang two way cake.

Kulit wajah kering

Untuk tipe kulit wajah yang kering, bedak yang bisa Anda gunakan adalah bedak two way cake. Dan sebelum menggunakan bedak ini, gunakanlah foundation agar kulit wajah Anda tidak terlalu kering. Dengan teknik seperti ini, maka kulit wajah Anda akan lebih lembab dan tidak terlihat kering.

Setelah Anda mengetahui tipe bedak apa saja yang bisa digunakan sesuai dengan kulit wajah, maka Anda juga harus tahu dalam memilih bedak yang sesuai dengan warna kulit yang Anda miliki. Berikut adalah tipsnya untuk Anda.

Kulit wajah gelap

Untuk Anda yang memiliki kulit wajah gelap, Anda tidak perlu khawatir dan berusaha tampil putih dengan menggunakan beragam produk. Cukup dengan menggunakan bedak yang berwarna tropical beige, Anda bisa membuat kulit wajah Anda jauh lebih segar dan tidak kusam.

Kulit wajah terang

Mayoritas masyarakat Indonesia memiliki warna kulit kuning langsat sehingga akan sangat cocok bila Anda menggunakan bedak dengan warna yellow beige. Warna ini mampu membuat wajah Anda lebih natural dan putih bersih.

Demikian adalah beberapa tips mengenai pemilihan jenis dan warna bedak sesuai dengan jenis dan warna kulit yang Anda miliki.

Bedak Padat Vs Bedak Tabur

Kalau berbicara tentang makeup, dan dispesifikasi lagi ke dalam golongan bedak, biasanya bedak padat dan bedak tabur adalah dua jenis yang paling sering digunakan sehari-hari. Keduanya memiliki fungsinya tersendiri untuk makeup wajah secara keseluruhan, dan punya penggemarnya masing-masing. Namun, kalau harus memilih salah satu, bagaimana ya? Kita “timbang” dulu yuk satu per satu.

Bedak Padat

Produk rias wajah ini punya beberapa sebutan yang mungkin sering Anda dengar, seperti pressed powder atau compact powder. Kalau dari sisi daya tutup, bedak padat dikenal karena memiliki daya tutup yang medium sampai tinggi. Apalagi kalau diaplikasikan dengan spons makeup yang lembap, makin tinggi lagi daya tutupnya. Namun tenang saja, untuk Anda yang ingin hasil makeup terlihat lebih natural, alternatif lainnya bisa dicoba: Menggunakan bedak padat dengan bantuan kuas bedak. Dengan begitu, hasilnya terlihat lebih tipis.

Bedak padat biasanya tahan lama. Anda yang akan menghadiri pesta atau acara khusus yang durasinya cukup lama, bisa melirik jenis bedak yang satu ini agar riasan yang dipakai sebelumnya seperti foundation atau BB cream terkunci dan bisa tahan berjam-jam. Macam bedak padat pun banyak, ada yang bisa membuat tampilan makeup matte, dan ada juga bedak padat yang tidak berwarna (translucent).

Satu lagi nih yang jadi alasan bedak padat banyak dipilih wanita. Biasanya bedak padat dilengkapi dengan kaca dan spons di dalamnya agar mudah digunakan dan dibawa ke mana saja. Tidak takut tumpah, tidak takut berantakan.

Bedak Tabur

Bedak tabur atau loose powder “unjuk gigi” dengan tekstur bubuknya yang sangat halus sehingga biasanya jadi pilihan utama untuk banyak wanita sebagai langkah terakhir untuk mengunci makeup. Berkat teksturnya, bedak tabur mampu memberi hasil akhir yang ringan, halus, dan rata, tanpa terlihat muka Anda “ditumpuk” tebal dengan bedak. Karena teksturnya sangat lembut, bedak tabur mengandung sedikit minyak sehingga biasanya walau cocok untuk semua jenis kulit, jenis bedak ini paling disukai oleh sebagaian wanita yang punya kulit berminyak.

Umumnya, bedak tabur memiliki aplikator puff di dalamnya. Namun untuk hasil terbaik dan makeup yang terlihat mulus, kami sarankan untuk menggunakan powder brush supaya bedak terlihat lebih menyatu dengan kulit. Memang jadi cukup menantang sih kalau digunakan untuk touch up di tengah hari. Namun kalau Anda hanya suka atau ingin membawa bedak ini saat bepergian, asal dibuka, digunakan, dan ditutup secara hati-hati, bisa-bisa saja kok.

9. Tips Menggunakan Bedak

Setelah aplikasi foundation, biasanya bedak tabur akan menjadi kosmetik andalan yang digunakan dalam proses finishing. Bedak tabur dapat membuat foundation dan makeup bertahan lama, membuat kulit bersinar, menjadikan pori-pori terlihat lebih kecil, serta membuat wajah tidak berminyak. Namun jangan sampai bedak tabur yang Anda gunakan terlihat belang atau kurang merata. Simak tips menggunakan bedak tabur berikut ini.

Sesuaikan Dengan Warna Kulit

Hal yang harus Anda lakukan saat akan menggunakan bedak tabur adalah pilihlah jenis yang sesuai dengan warna kulit. Warna bedak tabur yang tidak sesuai akan membuat penampilan Anda terlihat belang dan tidak rata. Sebelum membelinya, coba terlebih dahulu pada area dahi dan sekitar wajah kemudian bandingkan dengan area leher.

Tuangkan Pada Wadah Datar

Daripada mengambil langsung bedak tabur dari wadah, lebih baik tuangkan bedak pada tutup bedak tabur, tisu maupun wadah datar lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menggunakan bedak tabur saat Anda memakai kuas, serta memaksimalkan hasil akhirnya agar tampak sempurna pada wajah tanpa takut menggumpal.

Jauhkan Dari Air

Pernahkah Anda nekad menggunakan bedak tabur Anda yang menggumpal karena sayang? Supaya tidak cepat menggumpal, hindari menyimpan bedak tabur di kamar mandi atau tempat yang mudah terpercik air karena bisa mempengaruhi kelembapan dan kepadatannya. Apapun merek bedak tabur yang Anda gunakan, pastikan untuk selalu menyimpannya di tempat yang kering.

Jangan Diaplikasikan Pada Wajah Berminyak

Pada siang hari tentunya wajah cenderung berminyak dan berkeringat karena terkena panas. Beberapa area pada wajah memiliki kelenjar minyak lebih banyak pastinya tampak lebih berminyak. Hindari langsung mengaplikasikan  bedak tabur pada wajah saat touch up. Bersihkan terlebih dahulu menggunakan tisu atau blotting paper. Hal ini bertujuan agar bedak tidak menempel di bagian wajah tertentu dan membuat coverage-nya tidak rata.

Selesaikan Menggunakan Bedak Padat

Agar kekurangan-kekurangan pada wajah tertutupi dengan sempurna, maka gunakan juga bedak padat atau compact powder. Ketika mengaplikasikan bedak padat ini, gunakanlah puff kering atau basah lalu tekan-tekan pada kulit wajah serta bagian leher.

10. Tips Memilih Produk Alis

Tips Memilih Warna

Penggunaan pensil alis dapat membuat wajah kita lebih menarik dan berkarakter. Agar nggak salah memilih warna alis (dan membuat kita terlihat tua!) simak poin-poin berikut!

Kulit putih

Pemilik kulit berwarna putih kerap dianggap mudah untuk bereksperimen dengan berbagai warna kosmetik. Cokelat muda merupakan warna paling sesuai untuk kita si pemilik kulit putih!

Kulit sawo matang

Alis berwarna cokelat kehitaman cocok untuk kita yang berkulit sawo matang. Warna cokelat kehitaman dipilih karena dianggap lebih menyatu dengan kulit dan memberikan efek natural.

Kulit gelap

Memiliki kulit gelap membuat kita harus pintar-pintar memilih warna kosmetik agar nggak kelihatan kusam. Warna keabuan yang deep cocok untuk alis kita yang berkulit gelap!

Tahun 2015 lalu alis tebal dengan warna pekat menjadi tren yang sangat diminati. Lalu, apakah alis warna pekat cocok untuk semua kalangan? Nope, girls! Warna pekat justru menjadikan wajah terlihat lebih tua, lho! Coba tiga warna nuansa cokelat seperti cokelat tua, cokelat dan abu-abu yang bisa menjadi pilihan tepat agar terlihat awet muda! Selain warna kulit, warna rambut juga bisa menentukan warna alis seperti apa yang cocok untuk kita. Simak poin berikutnya!

Warna rambut gelap

Bila kita memiliki rambut alis yang banyak, kita bisa memilih warna pensil alis yang senada dengan warna rambut. Namun, bila alis cenderung tipis dan rambut berwarna gelap seperti hitam, cokelat tua atau kemerahan, pilihlah warna satu atau dua tingkat lebih terang ya, girls.

Warna rambut merah

Warna cokelat keabu-abuan atau ash brown bisa menjadi pilihan bagi kita si pemilik warna rambut merah. Psst, bila rambut kita berwarna merah terang, pilih alis dengan warna lebih tua. Sebaliknya, bila rambut berwarna merah tua, warna yang cenderung lebih terang justru menjadi pilihan. Saran CG! kalau kita ingin coba penampilan alis tebal, coba gunakan pensil alis cokelat tua dengan aplikasi tipis agar terlihat lebih natural.

Warna rambut terang

Warna pensil alis yang salah bisa membuat kita tampak lebih tua. Bila rambut kita berwarna cokelat muda, abu-abu atau pirang, gunakan pensil alis warna gelap dengan nuansa cokelat, ya.

Tips Memilih Produk

Eyebrow powder ataupun pensil alis tentu sudah sangat familiar. Terutama bagi para wanita yang gemar berias. Keduanya memiliki fungsi sama yakni menggambar sekaligus mempertegas bentuk alis. Adapun perbedaan keduanya terletak pada wujudnya. Pensil alis hadir dalam bentuk mirip seperti pensil tulis yang mana diakui memudahkan dalam membentuk alis sesuai kebutuhan. Sementara eyebrow bubuk mirip dengan eyeshadow bubuk yang dalam pengaplikasiannya membutuhkan bantuan kuas. Lantas pilihan mana yang terbaik untuk membentuk alis?

Sebenarnya pertanyaan di atas tidak jauh beda dengan pertanyaan lebih mudah menggambar dengan pensil atau kuas? Bagi Anda yang pernah mencoba melukis tentu mengetahui jawabannya. Tidak ada yang lebih mudah. Hal ini karena baik pensil ataupun kuas mempunyai fungsi berbeda. Demikian pula halnya dengan alis pensil dan eyebrow powder. Namun, bila Anda masih bingung yuk simak ulasan berikut. Semoga ulasan yang diberikan dapat memberi masukan bermanfaat.

Pensil Alis

Apakah Anda mempunyai alis yang cukup tipis dengan bentuk yang kurang bagus? Bila iya, maka peralatan kosmetik yang Anda butuhkan adalah pensil alis. Dibandingkan eyebrow powder, pensil alis lebih mumpuni dalam membantu menegaskan bentuk alis sekaligus memberi warna cantik. Untuk alis yang tipis pensil alis lebih ketara memberi warna intens dengan galis lebih tegas. Alhasil Anda pun mendapat kemudahan menggambar bentuk alis sesuai keinginan. Hanya saja dalam hal ini dibutuhkan keterampilan khusus untuk menggambar alis. Selain itu, Anda juga perlu fokus agar tangan tetap tenang dan tidak gemetar tiap akan membentuk alis.

Eyebrow Powder

Bubuk untuk mata ini lebih cocok digunakan untuk Anda yang mempunyai alis tebal dan telah terbentuk. Akan tetapi, beberapa orang wanita masih sering mengalami masalah pada alisnya. Walau sudah berbentuk tetapi masih ada saja bulu alis yang jarang. Bila menggunakan pensil alis ditakutkan malah membuat alis Anda yang lebat terlihat lebih tegas. Alhasil malah tidak seimbang dengan riasan wajah secara keseluruhan. Tidak perlu khawatir karena maslah ini bisa Anda atasi dengan menggunakan eyebrow bubuk. Sapuan eyebrow bubuk dengan kuas bisa menghasilkan hasil lebih natural dan membaur dengan bulu alis lebat lain. Untuk mengaplikasikannya pun tidak memerlukan waktu lama. Hanya saja kuas memang dirasa kurang baik untuk membentuk alis. Sehingga bila alis Anda belum terbentuk pertimbangkan ulang penggunaan eyebrow powder.

Itulah pertimbangan untuk menggunakan pensil alis atau eyebrow bubuk. Jadi pada dasarnya semua bergantung dengan kebutuhan dan kondisi alis Anda. Apakah alis Anda tipis atau tebal? Bila alis Anda tipis pertimbangkan untuk memilih pensil alis. Sebaliknya bila alis Anda cukup tebal dan sudah berbentuk, maka produk eyebrow powder menjadi pilihan paling tepat.

11. Tips Menggambar Alis

Rapikan Rambut Alis

Mau tebal, tipis, atau botak sekalipun, rambut alis wajib dirapikan sebelum Anda mulai membentuk alis. Siapkan sikat khusus alis dan sisir ke bagian bawah. Ingat, ke bagian bawah ya. Dengan begini, bagian terluar alis Anda jelas terlihat dan memudahkan Anda membingkai alis atas.

Tentukan Lengkungannya

Penasaran dengan trik makeup artist membuat lengkungan yang simetris antara alis kiri dan kanan? Tentukan dulu titik lengkungannya. Ini dilakukan juga pakai rumus ya, tidak dengan menebak-nebak. Ambil kuas makeup atau pulpen, posisikan di sebelah cuping hidung. Lihat skema di bawah ini untuk rumus menentukan pangkal alis, lengkungan tertinggi, dan ujung alis.

Bentuk Alis Dengan Membuat Bingkai

Setelah mengetahui puncak lengkungan alis, gunakan pensil alis yang biasa Anda gunakan. Arsir tepi luar alis bagian atas pelan-pelan. Pastikan warna pensil alis yang digunakan adalah warna yang sesuai. Jika bagian atas selesai, sisir lagi alis Anda ke bagian atas untuk memudahkan Anda membingkai alis bagian bawah.

Isi Bagian Dalam Alis

Untuk mengisi bagian dalam alis, Anda bisa menggunakan pensil yang sama. Namun, hasil terbaik bisa didapat jika Anda menggunakan produk alis yang berbentuk gel atau pomade. Selain warnanya yang lebih menempel, produk alis jenis ini akan memberi ilusi rambut alis yang lebih tebal. Pada bagian pangkal, pastikan Anda mengisinya dengan perlahan dengan mengarsirnya ke arah atas (mengikuti arah tumbuh rambut).

Gunakan Foundation Untuk Membuat Pangkal Alis Lebih Lembut

Ini nih tahap yang tidak diketahui ketika akan membuat alis, terutama untuk mereka yang baru belajar dandan. Bagian pangkal alis kadang diarsir dengan terlalu pekat, sehingga hasilnya tampak kurang alami. Singkat kata, alis Anda jadi seperti alis Sin-chan! Tebal dari pangkal hingga ujung. Untuk menghindari hal ini, pastikan arah arsiran Anda sudah benar (lihat poin 4) dan sapukan foundation dengan kuas di sekitar pangkal alis. Foundation yang digunakan pun tipis-tipis saja. Gunakan kuas makeup dengan gerakan memutar.

Beri Ilusi Helaian Rambut Alis

Rambut alis yang telah diisi dengan gel/pomade biasanya akan merunduk atau menempel pada kulit. Jika Anda punya maskara alis (lebih bagus jika bening), sapukan pelan-pelan untuk memberi ilusi helaian alis. Atau, Anda bisa menggunakan produk alis yang memiliki wax. Gunakan spoolie dan sisir rambut alis mengikuti arah tumbuh. Ini adalah trik untuk Anda yang beralis tipis atau botak. Namun, untuk Anda yang sudah memiliki alis tebal, trik ini juga berguna untuk membuat alis terlihat segar dan tidak dead-matte.

Selesaikan Dengan Concealer

Concealer tak hanya berguna untuk menutupi noda. Concealer juga berguna untuk membuat garis lengkungan alis terlihat rapi. Untuk Anda yang tidak mencabut alis, concealer ini juga berguna untuk menyamarkan alis yang tumbuh di luar bingkai alis yang dibuat. Ada baiknya, concealer yang digunakan adalah concealer cair atau cream agar lebih mudah dibaurkan. Gunakan kuas khusus untuk hasil yang lebih rapi.

12. Tips Memilih Produk Untuk Make Up Mata

Tips Memilih Eye Primer

Eye Primer/eye shadow base adalah langkah penting sebelum mengggunakan eyeshadow.  Apalagi bagi yang kelopak matanya cenderung berminyak, perlu sekali untuk memakai eye primer terlebih dahulu.  Khususnya pada saat acara special seperti wedding party, atau acara lainnya yang membutuhkan kita untuk memakai makeup yang lengkap. Eye primer memiliki beberapa fungsi yang bisa memberikan efek yang signifikan pada makeup mata kita.   Fungsi utama dari eye primer adalah agar warna eyeshadow terlihat lebih vibrant, dan supaya eyeshadow lebih tahan lama juga tidak creasing atau masuk kedalam lipatan kelopak mata kita. Selain itu dapat juga membatu agar eyeliner yang kita gunakan tidak bergerak atau menempel ke kelopak mata.

Namun penggunaan eye primer pun harus hati- hati, disarankan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak karena penggunaan eye primer terlalu banyak dapat menyebabkan cakey dan malah membuat eye shadow susah untuk di ratakan. Jadi penggunaan sebesar biji kacang hijau sudah sangat cukup untuk kedua kelopak mata.

Tips Memilih Eye Shadow

Sesuaikan Event

Lihatlah event yang akan kamu hadiri. Khusus untuk make up daily atau harian, kamu bisa memilih warna-warna soft untuk eye shadow. Jika ingin senada, kamu bisa memakai warna eye shadow sesuai dengan tema baju yang kamu kenakan. Jika untuk harian, jangan memulas eye shadow terlalu banyak atau warna-warna yang gelap, karena akan membuat wajah kita tampak kurang ‘fresh’.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Pilihlah eye shadow sesuai dengan kebutuhan. Jangan karena ikut-ikutan trend, lalu memilih kosmetik yang paling mahal. Dan jangan mudah termakan karena iklan. Pilihlah yang bahan dasarnya sesuai dan aman untuk kulit kita. Karena guna kita memakai eye shadow adalah mengkoreksi bagian mata yang kurang baik.

Pemilihan Jenis Eye Shadow

Pemilihan warna dan jenis dari eye shadow. Eye shadow jenis shimmer sangat bagus bila kamu ingin terlihat lebih seksi. Jika kulit kamu berminyak, gunakan foundation sebagai dasar untuk menjaga warna shimmer awet sepanjang hari.

Eye shadow berbahan krim

Cocok jika kamu ingin terlihat lebih mengkilap. Jenis krim ini mudah diaplikasikannya, karena tidak perlu menggunakan kuas atau sikat lagi. Cukup disapukan dengan menggunakan ujung jari. Cocok jika wajah kamu normal atau kering. Biasanya eye shadow yang berbahan dasar krim akan lebih tahan lama di wajah.

Eye shadow berbahan matte.

Matte akan memberi efek dramatis, karena warna-warna yang ditimbulkan adalah kesan ‘kuat’. Biasanya warna matte memberikan warna-warna yang pekat atau berani warna.

Tips Memilih Eyeliner Jenis Eyeliner yang Tepat

Tentu saja hal pertama yang perlu dilakukan dalam memilih eyeliner adalah mengenali dan memilih jenisnya. Karena tersedia dalam 3 jenis, Anda mungkin akan kebingungan karena tak tahu mana yang harus dipilih, khususnya jika Anda adalah pemula dalam hal make up. Ketiga tipe di bawah ini juga dapat ditemukan pada jenis eyeliner Wardah dan banyak merk kosmetik lainnya.

Eyeliner Pensil

Bagi para pemula yang baru belajar cara memakai eyeliner, eyeliner jenis pensil adalah yang paling dianjurkan untuk dibeli. Pensil eyeliner sangat mudah pengaplikasiannya, atau bisa dibilang paling mudah. Namun, eyeliner pensil juga sebetulnya adalah cara untuk menciptakan riasan smokey eye alias riasan yang cenderung memakai warna tebal dan gelap sehingga kelihatan lebih dramatis pada bagian mata.

Keuntungan: Poin lebih dari penggunaan eyeliner jenis pensil adalah pengaplikasian yang memang jauh lebih mudah dari 2 tipe yang lain, bahkan juga dapat teraplikasi dengan cepat. Untuk pemula dan ingin belajar memakai eyeliner, eyeliner pensil merupakan pilihan paling tepat sebelum merambah jenis lainnya.

Kelemahan: Karena bentuknya pensil, tentu lama-kelamaan bila dipakai terus-menerus akan tumpul dan harus diserut beberapa waktu sekali agar lebih runcing. Namun saat meruncingkannya, jangan juga terlalu tajam karena tak akan nyaman bila dipakai. Selain itu, jangan mengharapkan jenis eyeliner pensil bakal tahan lama pada mata Anda; jenis pensil justru sangat mudah luntur.

Eyeliner Gel

Tipe atau jenis eyeliner satu ini tidaklah sulit digunakan, namun bagi pemula memang agak lebih kerepotan, apalagi biasanya warnanya lebih tebal dari pensil. Bila salah menggoreskannya ke mata, akan lebih sulit untuk menghapusnya. Tapi tetap tak salah untuk mencoba, khususnya kalau Anda hendak mencoba mata kucing.

Keuntungan: Jenis eyeliner ini akan memberikan garis yang jauh lebih tegas karena memang gel selalu datang dengan tekstur kental, terutama kalau dipoles menggunakan kuas runcing. Gerakan kuas akan lebih terkontrol dengan mudah berkat bentuk gel dari eyeliner ini. Tak hanya itu, eyeliner gel rata-rata waterproof dan tahan lama.

Kelemahan: Sayangnya, eyeliner dalam bentuk gel sangat gampang kering apalagi kalau Anda menaruh kuas secara sembarangan dan salah sesudah pemakaian. Kuas pun perlu dibersihkan secara berkala supaya tidak menimbulkan infeksi pada mata. Ingat juga bahwa tak semua eyeliner gel yang tahan air atau waterproof itu smudgeproof alias tak luntur kalau Anda menggosoknya; maka carilah cara agar eyeliner tidak luntur.

Eyeliner Cair

Banyak orang yang masih bingung dalam membedakan eyeliner gel dan cair. Eyeliner yang cair mempunyai kepekatan yang lebih tinggi dan konsistensinya mirip dengan cat. Penggunaan eyeliner cair memang paling sulit karena tangan tak stabil sedikit bakal tercoret-coret. Oleh sebab itu, pemula lebih baik tak mencoba eyeliner cair lebih dulu.

Keuntungan: Eyeliner cair selalu lebih tipis sehingga sangat membantu ketika Anda akan membentuk garis tipis nan tegas. Eyeliner bentuk cair jugalah yang paling pas untuk membuat garis gelap pada area atas bulu mata. Jenis cair juga pada umumnya tersedia dalam beberapa pilihan warna dengan kuas yang sudah terpasang pada ujung pensil.

Kelemahan: Justru sifat cairnya itulah yang menjadi kelemahan di mana ketika Anda hendak menggambar garis dengan baik, alhasil menjadi lebih sulit dan mudah tercoret dikarenakan kuas mudah tertekuk. Butuh waktu untuk para pemula yang ingin menggunakan kuas dengan gampang dan harus sering memraktikkannya.

Memilih Warna Eyeliner yang Diinginkan

Ada yang mungkin mengira bahwa warna eyeliner selalu hitam dan hitam, padahal eyeliner ada pula yang berwarna coklat, putih dan warna lainnya. Untuk itulah, Anda perlu menentukan lebih dulu warna apa yang hendak Anda gunakan. Warna netral selalu baik karena dapat dipakai setiap hari.

Sementara untuk warna lainnya, Anda bisa menggunakannya untuk acara tertentu supaya mata terlihat lebih dramatis dan indah. Ketika Anda tak yakin dengan warna yang hendak Anda pilih dan terbaik untuk mata Anda, bisa juga menyesuaikan dengan warna rambut dan alis atau warna bola mata Anda.

Tidak Memilih Eyeliner dengan Ujung yang Keras

Sesudah mengenal satu per satu jenis eyeliner berikut keuntungan dan kelemahannya, maka selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan ujung kuas dari eyeliner. Supaya proses polesan lebih mudah dan hasilnya kelihatan lebih alami, ujung eyeliner yang dipilih sebaiknya tidaklah keras.

Kalaupun Anda memilih jenis pensil, Anda bisa mencoba menggunakan eyeliner pensil yang ujungnya empuk. Sebelum membeli, Anda mempunyai kesempatan untuk mencobanya lebih dulu dengan membentuk garis pada bagian punggung tangan. Pensil eyeliner dapat dikatakan bagus apabila garis eyeliner yang sudah Anda buat tadi menampilkan hasil tegas walaupun Anda tidaklah menekannya.

Mempertimbangkan Tingkat Ketebalan

Beberapa dari kita akan dengan mudah menyesali apa yang sudah kita beli nantinya ketika rupanya ketebalan eyeliner tak sesuai harapan kita. Itulah mengapa mengecek dan mencobanya pada punggung tangan sangat penting. Mengenal jenis eyeliner adalah awal yang baik karena dengan begitu Anda pun jadi tahu perbedaan ketebalan dari ketiganya.

Jenis pensil bisa sangat lembut atau tajam, serta bisa begitu tipis atau tebal tergantung pensilnya. Eyeliner cair biasanya akan membentuk garis tipis dan tajam sedangkan gel biasanya adalah yang paling tebal. Namun semua itu kembali lagi pada merk masing-masing sehingga disarankan untuk melakukan tes lebih dulu sebelum membeli.

Tips Memilih Maskara yang Tepat

Bagi anda para pemula, tahap pertama yang harus diakukan adalah mengenali jenis dan karakter bulu mata yang anda miliki. Selanjutnya Anda bisa mengikuti tips memilih maskara yang tepat berdasarkan jenis bulu mata di bawah ini:

Maskara untuk Bulu Mata Pendek Tebal

Beberapa perempuan memiliki bulu mata yang pendek dan tebal, dimana yang mereka butuhkan adalah maskara yang memberikan kesan panjang. Jenis maskara yang tepat untuk karakter bulu mata ini adalah yang mengkombinasikan warna dan base yang memberi efek panjang.

Jenis kuas yang harus dipilih adalah yang tebal atau bertekstur pada ujungnya. Untuk memastikan bahwa maskara yang ada pilih memiliki kuas yang memiliki ujung tebal, sebaiknya tanyakan pada petugas stand kosmetik. Untuk hasil maksimal, aplikasikan maskara sebanyak dua atau tiga kali.

Maskara untuk Bulu Mata Pendek Tipis

Untuk jenis bulu mata pendek dan tipis, maskara yang tepat adalah yang memberi kesan panjang dan tebal. Beberapa produk maskara saat ini kebanyakan ditujukan untuk bulu mata jenis ini, sehingga tidak akan sulit untuk menemukan maskara yang tepat. Namun tetap, pastikan bahwa maskara tersebut memiliki komposisi lilin dan silicon polymers yang lebih pekat.

Maskara dengan kedua komposisi tersebut memberikan kesan tebal, tegas, dan panjang pada bulu mata. Untuk bentuk kuas, pilihlah yang berbentuk melengkung –tambahkan detail pada ujung bulu mata dengan kuas lurus.

Maskara untuk Bulu Mata Panjang Tipis

Bagi mereka yang memiliki bulu mata yang panjang dan tipis, maskara yang memberikan kesan tebal saja sudah cukup. Jadi, tidak perlu memilih maskara dengan silicon polymer yang pekat.

Untuk memberikan kesan tebal pada bulu mata, sebaiknya memilih maskara dengan kuas kombinasi cekung pada bagian tengah, dan lurus pada bagian ujungnya. Kedua jenis kuas memberikan kesan tebal pada mata, terutama apabila diaplikasikan selama beberapa kali. Dan untuk menjaga ketahanan bulu mata, pilihlah waterproof maskara.

Maskara untuk Bulu Mata Panjang Tebal

Para perempuan yang memiliki bulu mata panjang dan tebal patut bersyukur karena tugas memilih maskara bukanlah tugas berat. Cukup memilih maskara yang mempertegas bentuk bulu mata, dan membuatnya lentik saja.

Pilihlah maskara yang yang memiliki kuas berbentuk sisir, yang berfungsi untuk memperbesar jarak antar bulu mata. Maskara dengan kuas berbentuk melengkung juga bisa jadi pilihan terbaik –untuk warnanya, sesuaikan saja dengan warna alis dan rambut.

Maskara untuk Bulu Mata Lurus, Bulu Mata Jarang

Bagi anda perempuan yang memiliki bulu mata lurus, pilihlah maskara dengan komposisi silicon polymer yang pekat, yang dilengkapi dengan kuas berbentuk cekung. Namun ada satu lagi alat kosmetik yang anda butuhkan untuk membuat penampilan bulu mata terlihat sempurna: penjepit bulu mata.

Gunakan penjepit ini sesudah mengaplikasikan maskara. Bagi anda yang memiliki bulu mata jarang, pilihlah maskara dengan double formula. Atau, pilihlah maskara dengan kandungan synthetic fibres yang melakat kuat pada bulu mata, sehingga memberikan kesan bulu mata tebal.

13. Tips Pengganti Curl Lashes

Pelentik bulu mata bisa membuat bulu mata Anda tercabut dan patah, sehingga Anda mungkin membutuhkan cara lain untuk melentikkannya. Untungnya, Anda tidak membutuhkan peralatan mahal agar bulu mata tampak lentik lebih lama– dan mata akan terlihat menonjol. Cobalah melentikkan bulu mata Anda menggunakan sendok, maskara, atau bahan alami seperti gel aloe vera (lidah buaya). Cara apa pun yang Anda pilih, sedikit suhu panas dapat membantu mempertahankan bentuk bulu mata Anda.

Menggunakan Sendok

Siapkan sendok bersih. Gunakan sendok teh biasa, bukan sendok makan. Anda membutuhkan sendok yang sesuai dengan ukuran mata, sehingga lengkungan pada sendok cocok dengan lengkungan pada kelopak mata Anda.

Cuci sendok dengan air panas. Sendok hangat akan membuat bentuk bulu mata Anda tahan lebih lama, karena dapat memberikan panas pada bulu mata. Pengaruh sendok hangat pada bulu mata mirip seperti alat pengeriting rambut. Keringkan sendok setelah terasa hangat.

Tempelkan sendok pada kelopak mata. Letakkan sendok secara horizontal dan tekan lembut ke kelopak mata Anda. Bagian cembung sendok harus menempel pada kelopak mata, sementara bagian cekungnya mengarah ke luar. Sejajarkan tepi sendok dengan garis bulu mata bagian atas.

Tekan bulu mata dengan sisi cembung sendok. Gunakan jari Anda untuk menekan bulu mata di tepi sendok dan masuk ke sisi cekungnya. Tekan bulu mata dengan sendok hangat dalam posisi ini selama paling tidak 30 detik.

Perhatikan bulu mata lentik Anda. Jika ingin membuat bulu mata Anda tampak lebih lentik, ulangi langkah di atas selama 30 detik lagi. Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk melentikkan bulu mata bagian bawah.

Ulangi langkah di atas pada mata Anda yang lain, setelah menghangatkan sendok terlebih dahulu.

Menggunakan Cotton Bud

Usapkan maskara seperti biasanya. Satu atau dua lapis maskara sesuai selera Anda. Jangan menunggu maskara mengering untuk melanjutkan langkah selanjutnya; maskara harus basah agar bentuk bulu mata tahan lama.

Gunakan batang korek kuping untuk mendorong bulu mata ke arah atas. Pegang korek kuping secara horizontal tepat di sepanjang garis bulu mata, dan tekan bulu mata Anda hingga lentik. Anda juga bisa menggunakan bilah pengikir kuku atau alat panjang dan tipis lainnya untuk melentikkan bulu mata Anda ke arah atas.

Pertahankan posisi bulu mata selama paling tidak 30 detik. Selama waktu ini, maskara Anda akan mengering dan membantu bulu mata Anda tetap lentik.

Panaskan bulu mata Anda dengan pengering rambut. Nyalakan pengering rambut pada pilihan suhu hangat, dan letakkan paling tidak sejauh 15 cm dari wajah Anda. Memanaskan dan mengeringkan maskara dengan lembut akan membuat bulu mata lentik Anda tahan lebih lama.

Jangan nyalakan pengering rambut pada pilihan suhu yang paling panas. Udara panas yang dikeluarkannya bisa melukai mata Anda.

Anda tidak perlu melakukan langkah ini jika sudah puas dengan bentuk bulu mata Anda tanpa menggunakan pengering rambut.

Ulangi seluruh langkah di atas pada bulu mata bagian bawah dan mata Anda yang lain. Bersabarlah saat menekan korek kuping. Jangan lepaskan dari mata Anda hingga maskara seluruhnya mengering dan bulu mata Anda lentik.

Menggunakan Gel Aloe Vera

Tuangkan sedikit gel lidah buaya ke jari tengah Anda. Gosokkan ibu jari dan jari tengah Anda untuk meratakan gel dan menghangatkannya.

Usapkan gel ke bulu mata Anda. Letakkan ibu jari Anda di bawah bulu mata, dan tutup mata Anda perlahan-lahan. Tekan lembut bulu mata Anda dan usapkan kedua jari Anda di permukaannya. Usapkan beberapa kali hingga gel merata.

Tekan bulu mata Anda ke atas untuk membuatnya lentik. Letakkan jari telunjuk Anda secara horizontal di bawah bulu mata dan tekan ke arah atas. Pertahankan posisi ini selama paling tidak 30 detik hingga gel lidah buaya mengering. Lakukan cara yang sama pada bulu mata baian bawah dan mata Anda yang lain.

Bulu mata Anda akan lentik lebih lama jika Anda menyalakan pengering rambut bersuhu hangat di depan bulu mata untuk mempertahankan bentuknya. Pastikan untuk menyalakan suhu hangat, bukan suhu panas.

Setelah gel lidah buaya mengering, Anda boleh mengusapkan maskara atau membiarkannya begitu saja.

14. Tips Make Up Mata

Eye Primer

Kalau kamu ingin warna eyeshadow-mu pop up dengan sempurna di kelopak matamu, maka kamu tidak boleh meninggalkan eye primer. Eye primer akan berfungsi sebagai base eyeshadow dan memberikan warna dasaran yang bagus bagi eyeshadow. Makeup kit ini akan menutupi discoloration atau kulit yang gelap dan juga pembuluh darah halus yang sering terlihat di kelopak mata. Hasilnya, warna eyeshadow akan lebih keluar. Plus, eye primer juga bisa membuat eyeshadow-mu tahan lebih lama lho. Jadi, jangan lupa memulai makeup matamu dengan eye primer ya.

Eyeshadow

Setelah mengaplikasikan eye primer, sekarang saatnya kamu ambil eyeshadow kesayanganmu dan bubuhkan di sekitar area kelopak matamu. Untuk menggunakan eyeshadow ini juga ada urutannya lho, yaitu: crease atau lipatan mata, kelopak mata, sudut luar mata, garis bawah mata, dan tulang pelipis. Sedikit tips buat kamu, sebaiknya aplikasikan eye makeup terlebih dahulu sebelum makeup wajah agar jika ada fallout atau sisa eyeshadow yang jatuh ke pipi.

Eyeliner

Entah itu liquid eyeliner atau pencil eyeliner, jika kamu ingin warna eyeliner-mu terlihat lebih nyata, aplikasikan setelah menggunakan eyeshadow. Lalu jika kamu merasa warna eyeliner-mu terlihat terlalu intens dan mengurangi kesan natural, kamu bisa menutupinya dengan eyeshadow kembali. Sangat praktis bukan?

Curl Lashes

Memang sih penjepit buku mata bukan lah langkah yang esensial di sini. Kamu bisa skip langkah ini kalau memang kamu tidak memiliki penjepit bulu mata. Tapi, pastinya kamu akan melewatkan efek bulu mata yang lebih lentik nantinya, and you will be amazed how magically the difference it can make! Oh iya jangan pernah menggunakan curl lashes setelah menggunakan maskara ya karena teknik itu hanya akan membuat maskaramu menggumpal dan juga menghapus formula maskara dari bulu mata. So, stay away from curling your lashes after applying mascara!

Maskara

Finally, kamu sudah tiba pada langkah eye makeup yang terakhir. Yup, maskara menjadi penutup dari ritual eye makeup kamu. Cukup aplikasikan maskara pada bulu mata bagian atas dan bawah untuk memberikan efek mata yang fresh, serta bulu mata yang lentik dan tebal. Yuk, terapkan makeup order ini mulai dari sekarang.

15. Tips Memilih Blush On

Sebagai wanita, kamu pasti paham bahwa bukan hal mudah menemukan produk make up yang tepat. Satu di antaranya ialah saat mencari dan memilih blush on. Banyak sekali warna menarik di pasaran sehingga kamu tergiur untuk mencoba. Tapi saat diaplikasikan ternyata hasilnya kurang atau kurang memuaskan.

Faktor terbesar penyebab ketidakcocokan ini adalah ketidaksesuaian warna kulit dengan blush on yang dipilih. Bahkan mereka yang sudah berpengalaman pun masih sering mengalami kesulitan memilih blush on. Mayoritas wanita ingin blush on yang dipakai tampak alami. Tapi hasil yang didapat belum tentu demikian.

Untuk itu kamu perlu mengetahui dulu jenis kulit sebelum memilih blush on. Secara umum ada 3 kelompok jenis kulit yakni putih, sawo matang dan gelap. Jika sudah mengidentifikasi jenis kulit sekarang waktunya mengikuti tips memilih warna yang tepat.

Kulit Putih

Mengetahui warna kulit lebih mudah diidentifikasi daripada jenis kulit. Kulit putih biasanya warnanya cerah seperti porselen, halus, mudah terbakar dan terkadang cukup sensitif ketika kena panas. Kulit putih hampir jadi idaman semua wanita di Indonesia.

Ketika memilih blush on untuk warna kulit ini sebaiknya cari yang ringan agar tampak natural. Begitu juga ketika pemakaian yang sebaiknya menggunakan tipis-tipis saja. Untuk mengurangi kelebihan warna pada sikat, kamu bisa memakai blush on sedikit miring atau menjentikkannya. Pemakaian yang tidak berlebihan akan memberikan hasil sempurna. Pipi kamu akan tampak merona dan menimbulkan kesan segar.

Pilihlah warna yang cerah seperti pink, peach, dan sebagainya. Selain tampak menyegarkan, warna cerah akan mempercantik pipi. Untuk jenisnya, kamu bisa memilih yang cair atau bubuk. Pilihlah mana yang membuat kamu nyaman dan mudah saat memakainya. Jangan lupa penggunaan kuas yang tepat agar hasilnya optimal.

Kulit Sawo Matang

Warna kulit ini adalah yang paling umum dijumpai. Di Indonesia sendiri mayoritas penduduknya berkulit sawo matang. Kulit sawo matang juga cenderung lebih tahan terik matahari dan elok dipandang. Blush on terbaik untuk warna kulit ini ialah yang sedikit terang seperti peach sedikit gelap atau pink.

Jika kamu memilih warna terlalu cerah akan membuat wajah tampak pucat. Begitu juga sebaliknya, bila terlalu gelap akan membuat wajah tampak kusam. Gunakan trik aplikasi blush on yang tepat jika sudah menemukan warnanya. Untuk menyoroti kulit pipi kencang bisa memakai warna emas atau sedikit gelap. Jangan pakai warna sampanye dan yang terlalu terang lainnya.

Kulit Gelap

Jangan minder jika memiliki kulit cokelat atau gelap. Kamu tetap bisa tampil cantik mempesona dengan blush on yang tepat. Jika ini adalah warna kulit kamu, pilih blush on seperti warna jeruk atau mawar. Jika memilih warna yang terlalu terang akan membuat wajah pucat. Fokus saja pada warna yang menonjolkan sisi alami kulit kamu.

Buat pipi kamu tampak bersinar dengan warna yang tepat. Jika ingin memberikan sorot maksimal, kamu bisa menggonakan warna emas. Terapkan warna emas ke atas tulang pipi dan lokasi lain sesuai hasil yang diharapkan. Gunakan spons yang bisa membaurkan dengan warna kulit secara sempurna.

Warna kulit manapun bisa tampak cantik dan memukau asal tepat dalam memilih blush on. Begitu pula dengan cara megaplikasikannya. Banyak bentuk dan merek di pasaran, yang bisa dipilih sesuai warna kulit.

16. Tips Menggunakan Blush On

Memakai Blush On Sesuai dengan Bentuk Wajah

Setiap wajah memiliki cara memakai blush on yang berbeda-beda. Pemakaian yang salah malah akan membuat wajahmu terlihat menor lho.

Oval

Untuk kamu yang memiliki bentuk wajah oval, aplikasikan blush on secara memutar di bagian tengah pipi, kemudian ke arah menuju bagian pelipis mata. Melalui cara ini akan menonjolkan tulang pipimu tanpa terlihat berlebihan.

Bulat

Pemakaian blush on untuk wanita yang berwajah bulat. Sebaiknya dimulai pada bagian bawah tulang pipi ke arah sudut mata. Aplikasikan blush on dengan gerakan dari atas kebawah. Cara ini memberikan efek pada wajah jadi lebih tirus dan ramping.

Kotak

Sapukan blush on dengan cara memutar dan fokus pada bulatan pipi, cara ini untuk menyamarkan bentuk rahang. Bila menginginkan bentuk rahang bulat, maka kamu bisa menyapu blush on dari dagu ke bagian bawah teinga secara ringan. Sebaiknya pulasan jangan terlalu dekat dengan hidung.

Hati

Anda bisa menyapukan blush on dari arah tulang pipi ke arah telinga lurus secara horizontal. Hal ini dimaksudkan agar wajahmu terlihat lebih lebar. Lalu bisa ditambahkan shading di area dagu dengan pemilihan warna yang lebih gelap dari warna blush on yang digunakan. Hasil akhir dari pemakaian blush on ini akan membuatmu terlihat feminin dan lembut.

Sesuaikan Shades dengan Warna Kulit

Tipe 1

Jika anda memiliki jenis kulit putih pucat kamu sebaiknya menggunakan jenis shades pink atau light pink. Agar penampilan kamu menjadi semakin maksimal, gunakan lipstick dengan warna soft pink untuk penampilan sehari-hari. Jika kamu ingin tampak menggoda, kamu bisa menggunakan warna hot pink untuk lipstick kamu.

Tipe 2

Jenis kulit tipe 2 adalah jenis kulit putih asia. Kamu bisa mencoba shades pink Blush jenis Rose Passion, Maple Rose, Wine ataupun Ruby Down. Lipstick yang bisa kamu gunakan adalah lipstick warna soft pink ataupun nude, agar cocok dengan blush on kamu.

Tipe 3

Tipe kulit ini adalah tipe kulit medium jenis kuning langsat. Kamu akan cocok menggunakan shades fuchsia atau dengan warna peach. Gunakan juga lipstick berwarna fuchsia yang glossy ataupun warna merah agar sesuai dengan tren summer tahun ini, ladies!

Tipe 4

Tipe kulit ini jenis kulit yang sedikit gelap. Kamu bisa cocok untuk menggunakan shades kecoklatan ataupun merah. Sesuaikan warna lipstick kamu dengan warna peach, nude ataupun natural color agar tidak terlalu berlebihan.

Tipe 5 dan Tipe 6

Jenis kulit ini merupakan jenis kulit gelap dan sangat gelap. Gunakan warna hot red untuk membuat penampilan kamu menjadi semakin glamor

Hal yang penting untuk diingat adalah kamu tidak perlu menyamakan warna blush dengan warna lipstick tapi, kamu juga bisa menyamakannya dengan warna yang sama, seperti blush pink dengan warna pink muda. Untuk menghasilkan hasil pipi merah merona yang sempurna, pilihlah blush yang halus dan lembut agar bisa memberikan hasil yang cerah dan tahan lama.

17. Tips Shading & Highlight

Salah satunya dengan bantuan shading dan highlight, yang mampu mengkamuflase kekurangan dan menonjolkan kelebihan pada wajah.

Shading Pipi

Teknik pada area ini diperlukan untuk Anda pemilik wajah chubby, sehingga bisa terlihat lebih tirus. Perhatikan bentuk dan posisi tulang pipi Anda sebelum melakukan shading pada area ini. Lalu gunakan eyeshadow dengan warna tiga tingkat lebih gelap dari warna kulit wajah. Cara aplikasinya, tergantung dari bentuk wajah Anda. Bila bentuk wajah Anda bulat, aplikasikan kuas dari atas ke bawah mulai dari bawah telinga ke arah dagu. Untuk si wajah panjang, aplikasikan hingga ke pipi. Lalu tambahkan blusher supaya wajah terlihat lebih segar.

Shading Sudut Mata

Teknik ini bisa membuat mata terlihat lebih dramatis, tegas dan cantik. Pilihlah eyeshadow warna cokelat tua untuk pemilik kulit agak gelap atau hitamdan abu-abubagi pemilik kulit terang. Cukup sapukan kuas khusus, pada bagian sudut mata Anda.

Shading Hidung

Hidung bisa terlihat lebih mancung dengan teknik shading ini. Pertama-tama, perhatikan bentuk hidung Anda. Bila Anda memiliki bentuk hidung dengan tulang hampir tak terlihat, maka aplikasikan mulai dari tulang hidung atas (sejajar ujung mata) hingga lekuk hidung. Bagi Anda yang tidak bermasalah dengan tulang hidung, maka pengaplikasiannya cukup pada area samping cuping hidung, supaya cuping terlihat lebih ramping. Gunakan eyeshadow cokelat tua, dan hindari warna hitam. Lalu tambahkan highlight pada daerah atas sepanjang tulang hidung hingga cuping, menggunakaneyeshadowtiga tingkat lebih terang dari warna kulit.

19. Tips Memilih Lipstik

Lipstik yang tahan lama seringkali dicari oleh wanita agar bisa dipakai sepanjang hari. Nah, agar kamu bisa mendapatkan lipstik yang tahan lama. Yuk, kenali terlebih dahulu jenis-jenis lipstik untuk bibir kamu, ladies!

Jenis lipstik

Satin Lipstik

Lipstik jenis ini mengandung lebih banyak pelembab dan penggunaannya harus di oleskan lebih banyak agar warnanya terlihat jelas.

Lipstik Matte

Jenis lipstik ini memiliki ketahanan yang cukup lama. Tetapi tidak cocok untuk bibir kering karena akan membuat bibir terlihat lebih kering. Kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan lip balm terlebih dahulu sebelum memakainya.

Cream

Hasil lipstik cream tidak terlalu mengkilap akan tetapi menjadikan bibir terlihat lebih halus. Hindarikan penggunaan lipstik cream ini secara terus menerus karena akan mengakibatkan bibir menjadi kering.

Liquid

Lipstik jenis ini biasanya berbentuk cair dan penggunaannya pun harus menggunakan kuas.

Moisturizing

Sebagain besar wanita memilih lipstik jenis ini karena mengandung pelembap dan zat lain yang baik untuk bibir. Tentunya ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki bibir kering.

Warna Lipstik

Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat memakai lipstik karena tahu itu dapat meningkatkan tampilan Anda. Berikut ini cara memilih lipstik sesuai dengan warna kulit.

Kulit gelap

Keindahan orang dengan warna kulit gelap adalah bahwa mereka dapat memakai sebagian besar lipstik yang warna-warna cerah dengan mudah. Lipstik berwarna gelap juga cocok dan serasi dengan warna kulit mereka. Warna seperti merah tua dan merah anggur mungkin cocok dengan kulit Anda dan juga terlihat lebih elegan.

Anda yang berkulit gelap sebaiknya mengindari lipstik berwarna pastel atau lipstik glossy yang berlebihan karena akan membuat kulit terlihat lebih gelap. Hindari juga lipstik berwarna logam seperti emas dan oranye.

Kulit putih

Warna kulit Wheatish adalah warna kulit yang paling bisa menggunakan warna lipstik apapun, dan akan tetap terlihat bagus di bibirnya. Anda bisa menggunakan warna oranye terang, merah, coklat, merah muda atau apapun yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan warna emas sekalipun di bibir.

Meskipun umumnya mereka cocok mengenakan warna lipstik apapun, namun wanita dengan warna kulit putih harus menghindari warna-warna gelap seperti biru tua, merah tua atau ungu. Anda juga harus menghindari mengenakan shimmer atau terlalu banyak lipstik glossy.

Kulit sawo matang

Orang dengan warna kulit sawo matang memiliki jenis terbaik dari kulit. Sama seperti kulit putih, orang-orang dengan warna kulit ini juga dapat memakai warna lipstik apapun, tetapi warna ungu terang, merah, dan nuansa pink akan menjadi warna yang paling sesuai.

Perempuan dengan jenis warna semacam ini harus menghindari menggunakan warna sangat gelap seperti hitam, hijau, biru, oranye, dan lain-lain, kecuali merah. Anda harus menghindari mengenakan merah terang, karena tidak akan terlihat cerah sebagaimana mestinya.

Pucat

Anda dapat memilih warna pastel atau warna kalem jika memiliki jenis warna kulit ini. Atau Anda juga dapat memilih warna merah tidak terlalu terang, ungu dan biru untuk mendapatkan tampilan glamor. Sebaiknya hindari memakai lipstik berwarna gelap, termasuk coklat, merah dan merah marun. Warna gelap dapat membuat kulit terlihat pucat. Untuk alasan yang sama, Anda juga harus menghindari mengenakan warna perunggu, nuansa metalik dan nuansa cokelat.

20. Tips Menggunakan Lipstik

Setelah mengetahui jenis-jenis lipstik, sekarang kamu perlu mengetahui agar lipstik yang kamu pakai bisa tahan lama di bibir.

Bersihkan Bibir

Lipstik akan melekat pada permukaan bibir yang bersih dan sehat. Jadi, pastikan tidak ada kulit kering atau kulit terkelupas pada bibir sebelum memakai lipstik. Kalau kulit bibir mudah kering, hindari menarik kulit yang terkelupas dengan jari. Sebaiknya oleskan madu atau campuran gula dengan minyak zaitun pada bibir yang kering secara rutin.

Pakai Bedak atau Foundation

Gunakan bedak tabur atau alas bedak (foundation) agar warna lipstik tahan lama di bibir. Foundation juga akan membuat warna asli lipstik lebih terlihat, terutama jika bibir berwarna gelap.

Gunakan Lip Balm

Pakailah lip balm atau pelembab bibir sebagai dasar lipstik. Biarkan sekitar 2-3 menit agar lip balm menempel sempurna sebelum mengoleskan lipstik.

Gunakan Lip Liner

Menggambar garis bibir menggunakan lip liner agar bibir terlihat sempurna. Mulailah melukis bibir dari tengah bibir bawah hingga merata pada garis bibir, lakukan pada bibir atas juga. Untuk kamu yang suka bibir terlihat tipis kamu bisa menarik garis dalam bagian bibir saat menggambar menggunakan lip liner. Sedangkan untuk kamu yang suka bibir terlihat tebal maka yang ditarik garis adalah bibir bagian luar.

Hindari Lipstik Glossy

Lipstik glossy mengandung lebih banyak minyak dan lebih cepat hilang warnanya. Agar pigmen lipstik tetap awet di bibir, setelah mengoleskan lipstik, kamu bisa menempelkan kertas atau tisu di antara kedua bibir untuk menyerap kandungan minyak berlebih pada lipstik.

Pakai Sikat Bibir atau Lip Brush

Sikat khusus lipstik ini akan memudahkanmu saat mengoleskan lipstik di bibir sehingga menjadi lebih rapi. Mengoles lipstik dengan lip brush juga sekaligus mengurangi minyak berlebih yang menempel.

Gunakan Lipstik Berlapis

Untuk momen spesial atau acara tertentu seperti pesta, kamu bisa mengaplikasikan lipstik berlapis agar warna lipstik tetap awet. Caranya, gunakan lip liner terlebih dahulu dengan mengikuti garis bibir, mulai dari tengah ke ujung. Setelah itu, sapukan lipstik ke bibir, tempelkan tisu atau kertas, kemudian pakai kembali lipstik.

Sebelum admin menutup dan mengakhiri postingan kali ini. Kami ingin mengajak kepada buat anda seklaian untuk membaca dan menyimak poin-poin artikel beriut ini.

Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, dapat mempermudah bahkan mempercantik diri anda sendiri. Sekian dan terima kasih atas kunjungan pada blog tercinta kami.

Kumpulan Tips Dan Tutorial Make Up | admin | 4.5